Mb@h Roeri Community

Berpikir & Berbuat secara Kontekstual

Menurutku, salah satu ciri dari kaum pintar sekaligus arif adalah bagaimana ia mampu berpikir secara kontekstual. Menyadari siapa dirinya dan apa rencana rencana masa depannya serta memahami apa kelemahan dan kelebihannya dalam menggapai mimpi masa depan sekaligus sudi menjalaninya dengan semangat dan ghiroh adalah sebuah proses yang tepat.

Sukarno dalam bukunya Dibawah Bendera Revolusi mengatakan : Tidak ada Gunung yang setinggi lutut !!! Terjemahan bebasnya adalah kira-kira : Puncak gunung itu bukan tujuan utama tapi perjalanan panjang atau semangat berproses menuju puncak gunung itulah yang menjadi dasar penilaian atas diri manusia itu sendiri. Soal sampai di puncak gunung, sekarang bisa dengan jalan apa saja kan ? Bisa naik Helikopter, bisa naik kuda, bisa juga minta gendong …. disini Sukarno memberi sebuah pemahaman agar dalam berproses pun kita tetap mendasarkan pada konteks persoalan/permasalahan.

Maksud tulisan ini adalah bagaimana kita bisa dengan elegan merencanakan sebuah pekerjaan masa depan dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang hari ini kita hadapi. Menyelesaikan dengan tuntas dan jangan meninggalkan PR yang akan membengkak sampai esok hari, alias pekerjaan hari ini upayakan selesai hari ini juga dan pekerjaan esok hari kita persiapkan sejak hari ini juga…. meniti hari dengan simultansi agenda yang sambung menyambung menuju masa depan.

Selamat berproses di dunianya sendiri-sendiri dan bermimpi tentang masa depan. Sebab Tuhan menyimpan mimpi anda. Jadi tidak-nya mimpi anda menjadi kenyataan tergantung usaha-usaha hari ini.

sekian celoteh sabtu yang bingung
nggak jadi pulang kampung.
di pagi yang mendung
kudengar kutut-kutut ku manggung

*ditulis 7juni2008*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s